Kamis, 28 Juli 2016

0 PERAN PERS DALAM PEMBANGUNAN DAERAH

Date: Kamis, 28 Juli 2016 09.19.00
Category:
Author: tyo46_OPS
Share:
Responds: 0 Comment

PERS SEBAGAI PENDUKUNG SEKALIGUS PENGHAMBAT PEMBANGUNAN DAERAH

Dunia Pers sangat bermanfaat di dalam kalangan masyarakat maupun di kalangan generasi muda. Pada saat ini pers berfungsi sebagai control dalam  memajukan pembangunan di negeri ini. Tanpa adanya pers di kalangan masyarakat maupun generasi muda saat ini, mungkin banyak masyarakat ataupun generasi muda yang tidak tahu akan informasi  kemajuan yang telah dicapai maupun permasalahan yang terjadi di negeri ini.
Namun tidak sedikit oknum pers yang memanfaatkan kondisi ini untuk pekerjaan, yang justru terkesan mereka hanya memanfaatkan situasi ini untuk mencari informasi yang tidak seharusnya mereka cari.
Beberapa oknum pers bila suatu saat di hadapkan dengan seseorang yang memiliki jabatan tinggi maupun kekuasaan yang luas,yang dan mampu memberi imbalan (sejumlah uang), maka pekerjaan yang mereka tekuni akan berbalik arah, yang semula positif menjadi negatif. Di dalam ovalisme yang mereka anut, sangat merugikan di kalangan masyarakat atau siapa pun, karna akan menghambat pergerakan kemajuan Negara ini, baik dalam dunia Pendidikan maupun bidang lainnya.
Pers dapat di katakan ujung tombak dalam kemajuan pembangunan, apabila di dalam melaksanakan pekerjaannya pers dapat menempatkan dirinya sebagai mana tugas yang seharusnya mereka kerjakan dengan etika yang baik dan benar.
Apa yang akan terjadi jika pers tidak mampu untuk mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya. Mungkin pers tidak akan dipercaya di kalangan masyarakat. Semestinya pers dapat mengungkapkan permasalahan dengan apa adanya., tanpa ada yang di di lebih-lebihkan maupun dikurangi  dan bersifat transparan.
Jika benar pers di katakan ujung tombak dalam kemajuan pembangunan di negeri ini, semestinya pers bisa menjaga nama baik seluruh pers di kalangan masyarakat maupun di kalangan generasi muda, agar membawa kesan positif bagi masyarakat maupun generasi muda.
Namun kenyataan ini tidak benar, pers yang bekerja tidak sesuai dengan aturan-aturan dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya di lakukan, dan hanya bisa merusak nama baik pers di kalangan masyarakat maupun generasi muda.
Maka dari itu, tidak sedikit di kalangan masyarakat yang kurang simpatik dengan peran seorang pers, karna pers selalu menindas orang yang tidak mampu maupun orang yang mampu. Sesungguhnya tugas seorang pers tidak begitu sulit, hanya meminta informasi dari oknum-oknum tertentu. Namun pers tidak hanya bertanya dengan oknum-oknum tertentu,melainkan mereka bertanya kepada orang yang tidak mengerti permasalahan sebenarnya.
Dan jika orang yang bersangkutan tidak memberikan informasi kepada pers, maka pers akan terus bertanya kepada orang yang memberikan informasi itu sampai orang yang bersangkutan tersebut mau memberikan informasi kepada pers.
Benar apa kata kalangan masyarakat, pers bersifat memaksa yang seharusnya tidak mereka lakukan. Jika pers bertanya, tetapi kita tidak mau menjawab maka pers akan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan sebagai seorang pers. Sesungguhnya peran pers untuk pendidikan sangat penting.
Contohnya pada saat ini, pers bisa mencari informasi tentang Ujian Nasional ( UN ) yang diselenggarakan di tahun ini kepada Dinas Pendidikan Kabupaten setempat atau pun kepada panitia dan pengawas ujian yang menyelenggarakan Ujian Nasional, agar dalam pelaksanaan pengawasan Ujian Nasional dapat berjalan dengan baik tanpa ada halangan., itu semua bisa terjadi jika pers bekerja dengan baik.
Namun pada saat ini pers sudah kehilangan jatidiri, tidak bisa memanfaatkan situasi secara baik, melainkan pers hanya bisa mencari kesempatan dalam situasi ini untuk dapat memanfaatkan oknum-oknum tertentu agar mendapatkan apa yang diinginkan untuk kepentingan pribadi.
Tidak sedikit oknum pers melakukan segala cara untuk mendapatkan uang atau apa pun yang diinginkan, seperti berpura-pura menjadi oknum polisi. Seharusnya pers tidak perlu melakukan hal seperti itu, jika pers bekerja dengan baik, tentu pers akan mendapatkan semua yang diingikan tanpa melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Peran pers tidak hanya di dalam dunia Pendidikan, namun peran pers juga berada di dunia hiburan selebritas dan berfungsi agar masyarakat bisa mendapatkan berita dan informasi.
Jika pers mendapat informasi yang baik, tentu pers akan mendapatkan hasil yang diinginkan dan mendapat pandangan positif dari kalangan masyarakat dan generasi muda, begitu juga sebaliknya. Sebenarnya untuk menjadi pers tidak lah mudah, harus mempunyai keahlian tertentu, memiliki kecermatan dalam segi apa pun, harus berani dalam menghadapi masalah apapun, dan harus memiliki kesabaran dan ketelitian.
Seharusnya seorang pers bekerja untuk memberikan informasi kepada masyarakat,baik informasi tentang dunia Pendidikan maupun politik dan sebagainya. Agar citra pers dapat di nilai baik di kalangan masyarakat dan bisa di percaya oleh kalangan masyarakat.
Beberapa oknum pers terkadang disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab sehingga dikalangan masyarakat tidak hanya resah karna adanya bom bunuh diri yang terjadi di beberapa daerah di negeri ini, namun masyarakat juga diresahkan dengan adanya pers yang tidak bertanggung jawab.
Melihat kondisi ini seharusnya Pemerintah tidak boleh lepas tangan begitu saja, demi kenyamanan dan ketentraman masyarakat.
Oknum pers dapat di katakan pintar apabila pers mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, tepat, cermat, dan dapat menilai mana yang salah dan mana yang benar. Pers harus bersifat sportif, jangan menyalahkan yang benar,tetapi membenarkan yang salah. Pers juga harus memiliki dedikasi yang tinggi serta efektifitas dalam pemberitaan. Jika pers selalu mencari kesalahan-kesalahan kepada orang yang tidak bersalah, hal seperti itu yang membuat kalangan masyarakat bisa menilai negatif terhadap peran seorang pers.
Seharusnya  seorang pers dapat bekerja sesuai dengan kode etik profesi pers.  Pers juga harus bisa bekerjasama dengan kalangan masyarakat atau narasumber-narasumber yang akan di minta informasinya, dengan cara yang baik, dan menggunakan etika seorang pers, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan seorang pers yang dapat meresahkan kalangan masyarakat.
Maka dari itu, pers dan kalangan masyarakat harus bisa bekerjasama dengan baik karna bisa saling menguntungkan untuk masing-masing pihak, baik dari pihak pers maupun dari pihak masyarakat, dalam mendapatkan dan menerima suatu informasi atau berita.

Artikel Terkait :



Posting Komentar

Post Koment